Total Tayangan Halaman

Senin, 11 April 2011

KOMPUTERISASI LEMBAGA KEUANGAN PERBANKAN

NAMA : MEGAWATI
KELAS : 3EA10
NPM     : 10208791
TUGAS : KREDIT USAHA KECIL



DEFINISI KREDIT USAHA KECIL
Kredit Usaha Kecil (KUK) adalah kredit atau pembiayaan dari bank untuk investasi dan atau modal kerja, yang diberikan dalam rupiah dan atau valuta asing kepada nasabah usaha kecil dengan plafond kredit keseluruhan maksimal Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) untuk membiayai usaha yang produktif. Dalam pemerintahan SBY-JK sekarang, telah ditetapkan kebijakan perekonomian untuk menggalang bangkit berkembangnya usaha kecil melalui microeconomicyears, kebijakan tersebut mengakibatkan exspansi moneter dan akhirnya juga akan membuat perbankkan mengucurkan dana dengan intesitas tinggi. Salah satunya adalah penyaluran kredit untuk usaha kecil yaitu KUK. KUK sangat membantu usaha kecil jika teralokasikan atau terlaksana secara baik.
Mengetahui faktor-fator yang mempengaruhi alokasi KUK adalah sangat penting bagi masyarakat khususnya bank dan pemerintah begitu juga dengan UKM. Keputusan atau pembuatan policy untuk memperbaiki perekonomian melalui pengembangan Usaha Kecil dapat dibuat dengan bedasar pada penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi KUK. Untuk itulah penelitian ini dibuat/ditulis. Regressi linier berganda menggunakan model logaritma natural dengan metode OLS menjadi pilihan penulis, dikarenakan dengan metode tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada kita tentang faktor-faktor yang mempegaruhi KUK dengan sangat jelas.
Faktor-faktor yang mempengaruhi KUK yang menjadi hipotesa awal adalah suku bunga riil pinjaman, tingkat inflasi Indonesia dan jumlah penghimpunan dana bank umum yang kesemuanya dari sisi kebijakan moneter dan perbankan. Fakta dari olah data yang dilakukan penulis ternyata menunjukkan bahwa suku bunga riil pinjaman, tingkat inflasi di Indonesia dan jumlah penghimpunan dana oleh bank-bank umum di Indonesia mempengaruhi secara serentak dan individu terhadap alokasi KUK pada bank-bank umum di Indonesia.


10 TIPS YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENERAPKAN KREDIT USAHA KECIL

Salah satu cara untuk dapat memulai bisnis adalah dengan berusaha mendapatkan pinjaman atau kredit. Tentu saja, kita harus mencari kredit yang sesuai dengan jenis usaha yang akan kita lakukan. Jika kita ingin memulai usaha kecil, akan sangat tepat jika kita mendapatkan kredit usaha kecil. Berikut ini 10 tips yang dapat dilakukan untuk menerapkan kredit usaha kecil dengan sebaik-baiknya dan tepat sasaran.
1. Bisnis yang dijalankan haruslah bisnis yang bisa memberikan pemasukan setiap hari. Hal ini sangat penting mengingat kita harus membayar cicilan pinjaman setiap bulannya. Sebagian bahkan harus membayar cicilan setiap harinya.
2. Kita harus merencanakan pengeluaran dengan detail. Hal ini untuk menghindarkan penggunaan pinjaman untuk hal-hal di luar bisnis.
3. Tips ketiga yang tepat untuk dijalankan adalah menyisihkan penghasilan harian dari bisnis untuk pembayaran cicilan kredit. Hal ini penting untuk menghindari tumpukan beban di akhir bulan.
4. Sebagai pengusaha harus bisa membedakan mana uang bisnis dan mana uang pribadi. Hal yang sama harus diterapkan dalam pengelolaan hutang.
5. Jika Anda berhasil mendapatkan pinjaman dari bank, usahakan kredit bank yang diperoleh tersebut dalam bentuk rekening koran. Artinya, Anda hanya diharuskan membayar bunga atas dana yang Anda pakai, bukan keseluruhan hutang. Kredit dengan rekening koran memungkinkan Anda membayar bunga lebih murah, jauh lebih murah daripada pinjaman biasa ataupun kredit tanpa agunan.
6. Bayarlah cicilan hutang seawal mungkin. Jika memungkinkan, membayar beberapa cicilan lebih awal akan meningkatkan kredibilitas Anda. Beberapa bank bahkan memberikan potongan khusus untuk prestasi nasabah seperti ini.
7. Keraslah pada diri sendiri dan pastikan penggunaan uang tepat sasaran sesuai dengan rencana yang sudah tersusun.
8. Gunakan kredit mandiri yang anda dapatkan hanya untuk usaha produktif, bukan urusan lain yang bersifat konsumtif.
9. Meskipun usaha Anda sudah berjalan lancar, jangan tergiur untuk memutar uang yang sudah kembali dalam bentuk investasi lain yang belum terencana dengan baik, apalagi jika bersifat spekulatif.
10. Konsultasikan pada pihak pemberi kredit tentang kemungkinan memutar uang pada bidang lain selain usaha yang dibiayai oleh bank. Hal ini perlu dilaksanakan agar pihak bank tahu status uang pinjaman tersebut. Jika usaha baru ini dianggap layak, bukan tidak mungkin bank akan menambah jumlah pinjaman Anda.

 http://www.bankmandiri.co.id/images/jarak.gifhttp://www.bankmandiri.co.id/images/jarak.gifhttp://www.bankmandiri.co.id/images/jarak.gif
Kredit Usaha Kecil (KUK)
Adalah Kredit atau pembiayaan dari Bank untk investasi dan atau modal kerja, yang diberikan dalam Rupiah dan atau Valuta asing kepada nasabah usaha kecil dengan plafond kredit keseluruhan maksimal Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) untuk membiayai usaha yang produktif.
KUK-Kredit Investasi
Adalah kredit jangka menengah/panjang yang diberikan kepada (calon) debitur untuk membiayai barang-barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan ataupun pendirian proyek baru, dengan jangka waktu maksimal 10 tahun.
KUK-Kredit Modal Kerja
Adalah kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha.
KUK-Kredit Modal Kerja Kontraktor
Adalah kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja khusus bagi usaha jasa kontraktor yang habis dalam satu siklus usaha.
KUK-Channeling
Adalah Kredit Modal Kerja atau Kredit Investasi yang diberikan melalui kerjasama dengan Lembaga pembiayaan atau Bank Umum lainnya.
Ketentuan :
  • Berbentuk usaha perorangan, badan usaha yg tidak berbadan hukum atau badan usaha yg berbadan hukum termasuk koperasi
  • Berdiri sendiri atau tidak berafiliasi dengan usaha menengah atau usaha besar
  • Milik WNI
  • Kekayaan bersih maksimal Rp. 200 .000.000,-.
  • Hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 1.000.000.000,-
  • Share dana sendiri minimal 20%
 SUMBER :
http://edywidianto.blogspot.com/2011/03/definisi-kuk.html
http://www.bankmandiri.co.id/article/255645454671.asp?article_id=255645454671
http://bisnisdankeuangan.com/peluang-bisnis/10-tips-penerapan-kredit-usaha-kecil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar