Total Tayangan Halaman

Minggu, 20 Maret 2011

Aliran Keuangan Global

Nama : Megawati
NPM : 10208791
Kelas : 3 EA 10


                                                Aliran Keuangan Global

1.     Latar Belakang Masalah

Stabilitas system keuangan merupakan salah satu indicator penting dalam perkembangan ekonomi nasional yang mengacu pada kestabilan institusi keuangan itu sendiri dan stabilitas pasar yang tergabung dalam system keuangan.sebagai masyarakat yang mempunyai uang lebih dan kekurangan akan mencari langkah yang efektif dalam mengatasi masalahnya masing – masing. Bagi yang mempunyai uang lebih, mereka akan mengambil tindakan yang tepat guna menyimpan atau menginvestasikan uang mereka dalam beberapa lembaga keuangan yang bersedia menerima investasi tersebut. Lembaga keuangan tersebut ada 2, yaitu lembaga keuangan bank dan non bank. Sedangkan yang deficit, pilihannya adalah dengan mengajukan kredit kepada lembaga keaungan non bank atau bank. Ini merupakan alternative bagi debitor dan kreditor dalam pengambilan keputusan.

2.     Pembahasan
A mempunyai surplus uang  dan B defisit. B ingin meminjam uang dan A mencari orang untuk dipinjamkan uang. Akhirnya B bertemu dengan A dan terjadilah transaksi pinjam – meminjam uang. B meminjam uang pada A sebesar Rp 10.000.000 dengan bunga yang diberikan A sebesar 6%, akan tetapi A takut menerima kerugian yang ditanggung pada masa yang akan datang sebelum B berhasil membayar hutangnya. Saat itulah bank muncul atau didirikan untuk mempermudah orang yang membutuhkan dana maupun kelebihan dana. B meminjam uang pada bank siti sebesar Rp 10.000.000 dengan bunga 7%. A menabung pada bank siti dengan bunga 5%, selisi bunga pinjaman dan tabungan merupakan laba buat bank siti sebesar 2%. Bank siti tidak bisa menanggung semua kerugian yang akan terjadi bila B mengalami kerugian, untuk itu bank siti bekerja sama dengan asuransi XYZ untuk menanggung kerugian yang akan terjadi sebesar Rp 10.000.000. asuransi XYZ tidak sanggup dan bekerja sama dengan asuransi KLM, hal inilah disebut dengan reasuransi. Asuransi XYZ menanggung Rp 2.500.000 dan sisanya asuransi DEFmenanggung sebesar Rp 3.000.000 dan asuransi DEF menanggung sebesar Rp 4.500.000. Asuransi DEF membuat PT ZKY yang bergerak di bidang saham. Saham dan obligasi terdapat di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). PT ZKY mempunyai CLBK yang berada di BEI. Bank siti menjual sahamnya pada BEI dan CLBK menginformasikan pada PT ZKY yang segera dibeli sahamnya oleh PT ZKY. PT ZKY memiliki saham pada bank siti.PT ZKY bekerja sama dengan IN FOP untuk membuat kartu kredit bagi para nasabah bank siti untuk mempermudah transaksi.

3.      Kesimpulan

Di dalam suatu Negara tergantung pada baik atau buruknya lembaga keuangan yang ada di Negara tersebut. Semakin banyaknya lembaga keuangan itu ada akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas dari masing – masing perusahaan agar dapat mendapatkan pangsa pasar dalam mencapai tujuan perusahaan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar