REVIEW JURNAL
Tema : Produktivitas Kinerja Karyawan
Judul : Pengaruh Kinerja Karyawan terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Kesetiaan
Pelangan.
Masalah : Bagaimanakah peran kinerja karyawan terhadap Pembentukan Kepuasan, Kepercayaan, dan
Kesetiaan Pelanggan.
Pengarang : S. Pantja Djati dan Didit Darmawan
Tahun : 2005
I. Latar Belakang Masalah
a. Pendahuluan
Peranan karyawan terutama karyawan front-stage sangat penting menunjang
keberhasilan setiap perusahaan terutama perusahaan yang bergerak di sektor jasa.
Alasannya karena karyawan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi persepsi
pembeli. Karyawan merupakan bagian dari jasa itu sendiri, sehingga bagi pelanggan,
karyawan berfungsi sebagai komunikator sekaligus wakil dari citra perusahaan.
Kinerja karyawan ditunjukkan melalui kualitas layanan yang diberikan kepada
pelanggan sehingga perusahaan berdasarkan persepsi pelanggannya dapat mengevaluasi kualitas layanan karyawan, selain melalui praktek SDM seperti penilaian dari penyelia, rekan kerja, dan atasan. Karyawan front-stage berperan pada penjualan tatap-muka. Bentuk penjualan ini menimbulkan proses komunikasi secara langsung antara pelanggan dan karyawan front-stage. Wiraniaga berperan juga sebagai human attribute yang berfungsi sebagai pemasar untuk mempengaruhi calon pelanggan, dan berkewajiban memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
II. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas layanan karyawan menurut
Persepsi pelanggan terhadap kepuasan pelanggan ( terhadap karyawan ), kepercayaan
Pelangan ( terhadap pengecer ), dan kesetiaan pelanggan ( terhadap pengecer ).
III. Metodologi Penelitian
Teknik analisis data yang digunakan di penelitian ini adalah Structural Equation
Model ( SEM ) yang merupakan teknik statistic yang memiliki kemampuan menguji
suatu rangkaian hubungan yang kompleks.Software yang digunakan adalah AMOS 4.01 dan dibantu dengan software SPSS 11 untuk keperluan tabulasi data. Pengambilan data dilakukan pada periode Oktober – Desember 2004 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel multistage purposive sampling, yang diambil secara acak pada tahap – tahap tertentu , namun didasarkan pada kriteria yang telah ditetapkan. Populasi penelitian adalah konsumen produk elektronik yang membeli di masing – masing pengecer di Surabaya . Penelitian ini melibatkan 120 responden , namun karena kekurangan dan ketidaklengkapan saat pengisian, maka hanya terkumpul 114 responden melalui pengumpulan data yang berasal dari kuesioner responden dan wawancara. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab tiga hipotesis berdasarkan uraian sebelumnya yang telah dibahas di atas. Tiga hipotesis tersebut adalah :
H1 : Variabel kinerja karyawan menurut persepsi pelanggan memiliki pengaruh
Positif secara signifikan terhadap Kepuasan pelanggan ( terhadap karyawan ).
H2 : Variabel kepuasan pelanggan ( terhadap karyawan ) memiliki pengaruh positif
secara signifikan terhadap kepercayaan pelanggan ( terhadap pengecer ).
H3 : Variabel kepercayaan pelanggan ( terhadap pengecer ) memiliki pengaruh
positif secara signifikan terhadap kesetiaan pelanggan ( terhadap pengecer ).
IV. Analisa Data
Analisis faktor konfirmatori digunakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari indikator setiap variabel yang digunakan dalam model. Setelah model di analisis melalui faktor konfirmatori, maka masing – masing indikator dalam model yang fit tersebut dapat digunakan untuk mendefinisikan konstruk laten , sehingga model keseluruhan dari Structural Equation Model dapat dianalisis.
V. Hasil Pembahasan
Berdasarkan pada penelitian ini bahwa hipotesis pertama dapat diterima. Hipotesis
pertama menyebutkan bahwa variabel kinerja karyawan menurut persepsi pelanggan
berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan ( terhadap
karyawan ). Hasil ini mendukung temuan dari si penulis Darmawan ( 2004 ) dan
Ferinadewi dan Djati ( 2004 ). Darmawan meneliti 119 penumpang rutin kapal fery
Penyebrangan Ujung Kamal sebagai responden. Hasilnya adalah kualitas layanan
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan penumpang. Sedangkan Ferinadewi
dan Djati meneliti 204 pengguna jasa layanan bengkel mobil di Surabaya . Hasil
penelitiannya menyebutkan bahwa dimensi – dimensi kualitas jasa ( Reliability,
Responsiveness, Assurance, dan Emphaty ) berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan konsumen. Pada penelitian ini, responden menilai sejauhmana kinerja
karyawan ikut menetukan sejauh mana tingkat kepuasan mereka. Kemudian pada
hipotesis kedua menyebutkan bahwa variabel kepuasan pelangan terhadap karyawan
memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap kepercayaan. Berdasarkan hasil
penelitian ini bahwa hipotesis kedua dapat diterima. hasil tersebut menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh tidak langsung variabel kinerja karyawan menurut persepsi pelanggan
yang signifikan terhadap variabel kepercayaan melalui kepuasan pelanggan ( terhadap
karyawan ). Hasil penelitian ini merupakan pengembangan konsep dari temuan
penelitian Ferrinadewi dan Djati ( 2004 ) yang memberikan bukti empiris bahwa
kepercayaan pelanggan di sektor usaha jasa tercipta dari dimensi – dimensi manusia,
seperti ketanggapan, jaminan, empati, dan kehandalan. Ketika dihubungkan dengan
merek, maka kepercayaan merupakan variabel - variabel psikologi yang mencerminkan
akumulasi asumsi – asumsi yang meliputi kreditabilitas, integritas, dan kebaikan yang
dilekatkan pelanggan terhadap merek. Berdasarkan penelitian Darmawan menyatakan
bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap ketidakinginan
untuk berpindah merek, selain itu juga kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap price
premium. Pengaruh kepusan pelanggan lebih besar terhadap price premium daripada
terhadap ketidakinginan berpindah merek. Berdasarkan pada pembuktiian hasil hipotesis
kedua ini ketidakinginan untuk berpindah merek lebih dominan daripada merekomenda-
sikan merek kepada orang lain, artinya responden menilai mereka akan melakukan
pembelian ulang karena pengaruh kepuasan yang dirasakan dari kinerja karyawan yang
dinilai baik. Hipotesis ketiga terbukti benar yang menyatakan bahwa variabel kepercayaan
memiliki pengaruh positif secara suignifikan terhadap kesetiaan. Hasil lainnya adalah
terdapat pengaruh tidak langsung variabel kinerja karyawan menurut persepsi pelanggan
dan variabel kepuasan pelanggan ( terhadap karyawan ) terhadap kesetiaan melalui
kepercayaan. Hasil tersebut mendukung pembuktian temuan penelitian dari Ferrinadewi
dan Djati ( 2004 ) yang menyebutkan bahwa elemen manusia berpengaruh secara
signifikan terhadap kesetiaan pelanggan melalui kepuasan pelanggan dan kepercayaan.
Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa peran manusia terhadap transfer jasa sangat
penting, sehingga peran karyawan yang handal dapat mempengaruhi kesetiaan melaui rasa
puas dan rasa percaya pelanggan yang dihasilkan dari kinerja karyawan.berdasarkan
hipotesis ketiga tersebut maka kesetiaan secara signifikan dibentuk dari kinerja karyawan,
kepuasan pelanggan, dan kepercayaan. Kesetiaan yang dimaksud adalah kesetiaan terhadap
pengecer yang telah memuaskan pelanggan.
VI. Kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja karyawan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan pelanggan , dan kemudian kepercayan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap kesetiaan pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar